IYL Gebrak Pilketos Serentak Se-Sul-Sel, Ini Pertama di Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo kembali membuat gebrakan baru. Tahun 2019 ini, ia mencetuskan Pemilihan Ketua Osis secara Serentak Se-Sulawesi Selatan dengan sistem pemilihan E-Voting.

Begitu dilansir dari media chanel youtube miliknya, @Irman YL, 21/8. Ia menjelaskan bahwa hanya dalam 12 jam saja sudah diketahui siapa yang menjadi orang nomor satu di organisasi intra sekolah di masing-masing sekolah se Sulawesi Selatan.

Gebrakan ini ia buat dengan tujuan ingin melahirkan pemimpin yang berintegritas, yang mampu mempengaruhi secara positif teman-temannya di sekolah masing-masing.  Selain itu, ia ingin melahirkan pemimpin yang demokratis, yang mampu melahirkan berbagai ide, dan kreativitas, dan kemampuan berkolaborasi sebagai salah satu keterampilan untuk masa depan siswa. Bukan hanya itu, dengan sistem ini, ia ingin melahirkan pemimpin yang berintegritas, nasionalis, religius, dan beretika.

Selengkapnya, silakan lihat videonya di bawah:

IYL bakal gelar PILKETOS Serentak Sul-Sel 2019

“Sistem ini yang pertama dilakukan untuk siswa se-Indonesia, sehingga inovasi ini menjadi percontohan yang baik dalam sistem pemilihan Ketua OSIS. Tak hanya itu, Disdik Sulsel sedang mengusulkan agar Surat Keputusan (SK) dan pelantikan ketua OSIS dilakukan oleh Gubernur Sulsel. Hal ini akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi ketua OSIS yang terpilih. Pemilihan serentak akan dilakukan di 1.200 sekolah SMAN dan SMK se-Sulsel,”tambahnya di kolom komentar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *